Mideun Jok, Kec. Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh

Marhalah Tsaniah (M2) Ma’had Aly MUDI Raih Akreditasi Mumtaz (A)

Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga memperoleh hasil asesmen atau akreditasi mumtaz (A) untuk jenjang Marhalah Tsaniyah (M2). Penetapan ini sebagaimana yang tercantum dalam surat Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 723 tahun 2023 tentang diterbitkannya hasil asesmen 49 lembaga Ma’had Aly seluruh Indonesia.

Dalam surat keputusan tersebut, dari 49 Ma’had Aly yang diasesmen oleh tim visitasi kemenag, ada 14 Ma’had Aly yang memperoleh predikat Mumtaz (A). Salah satunya adalah Ma’had Aly MUDI Mesjid raya Samalanga untuk jenjang Marhalah Tsaniyah (M2). Sedangkan yang memperoleh predikat Jayyid (B) ada 29 lembaga dan yang meraih predikat maqbul (C) ada 6 Ma’had Aly.

Sebelumnya, Tim Asesor melakukan Visitasi Akreditasi ke Ma’had Aly Marhalah Tsaniyah (M2) MUDI Mesjid Raya Samalanga pada Selasa 13 Juni 2023 yang lalu. Tim Asesor yang diutus yakni, Dr. Abdul Mujib, M.Ag, yang juga merupakan dosen dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, dengan ditemani oleh Tim visitasi dari Ditpdpontren Kemenag Pusat diwakili oleh anggota Subdit Pendidikan Diniyah dan Ma’had Aly, Ahmad Khanali, S.Si, M.Si.

Perlu diketahui bahwa Tanggal 8 April 2021, Ma’had Aly MUDI menjadi salah satu dari tiga Ma’had Aly di seluruh Indonesia yang mendapatkan izin untuk menyelenggarakan pendidikan pascasarjana Marhalah Tsaniyah (M2). Di bawah asuhan Direktur Marhalah Tsaniyah (M2), Aba Sayed Mahyiddin TMS, saat ini Ma’had Aly jenjang Marhalah Tsaniyah (M2) memperoleh hasil asesmen dari kementerian agama dengan predikat Mumtaz(A).

Pada jenjang Marhalah Tsaniyah (M2) juga mengambil takhassus Fiqh wa Ushuluh,  dengan distingsi Fiqh al-Nazhair wa Tathbiquh. Pemilihan takhasus dan distingsi ini sama pada jenjang Marhalah Ula (M1). Di sisi lain, secara historis mengikuti jejak kajian yang dilakukan oleh Para Masyaikh Dayah MUDI dari masa ke masa, dominannya terkonsentrasi pada bidang fikih dan ushul fiqh, khususnya dalam menerapkan fiqh al-Nazhair sebagai konsep dalam menjawab berbagai problematika umat di masanya.

Sebagaimana yang diketahui bahwa proses asesmen Ma’had Aly bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan penjaminan mutu Ma’had Aly. Harapannya, lulusan Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga memiliki kualifikasi dan kompetensi keilmuan yang mumpuni sebagai praktisi fikih Islam, yang mampu memberikan solusi hukum bagi Kaum Muslimin dan menghadirkan kemaslahatan bagi semua.

Leave a Reply