Seleksi penerimaan Mahasantri baru Marhalah Tsaniyah

Panitia penerimaan Mahasantri baru Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga menyelenggarakan ujian seleksi bagi calon Mahasantri Marhalah Tsaniyah (M2) di gedung Ma’had Aly (Kamis, 24/03/22). Seleksi ini berlangsung dalam jangka waktu sehari semalam yang dimulai dari malam kamis hingga kamis sore.

“Testing para calon Marhalah Tsaniyah ini kita laksanakan dari malam kamis sampai sore kamisnya meliputi test proposal,  hafalan, penguasaan kitab kuning dan ujian Subtantif yang di uji oleh para guru senior di Ma’had Aly” ujar Tgk. Fakhrurrazi Jalaluddin selaku ketua panitia pendaftaran.

Jumlah Calon Mahasantri M2 yang mendaftar pada tahun ini sebanyak 47 orang dan alhamdulillah tidak seorang pun calon Mahasantri yang berhalangan untuk tidak mengikuti seleksi ini. Calon Mahasantri tidak hanya terdiri dari lulusan Marhalah Ula (M1) Ma’had Aly saja. Namun lulusan Institut Agama Islam Al-Aziziyah (IAIA) juga ikut menjadi peserta seleksi calon Mahasantri Marhalah Tsaniyah (M2) Ma’had Aly.

Calon Mahasantri tampak antusias dan semangat dalam mengikuti seleksi. Ujian seleksi terdiri dari empat tahap yaitu wawancara proposal penelitian, hafalan, penguasaan kitab kuning dan subtantif. Seleksi hafalan terdiri dari 4 materi: Kitab matan Lubb al-Ushul  karya Imam Zakariya al-Anshari, 50 ayat ahkam, 50 hadis ahkam dan 30 kaidah fiqh.

[learn_press_profile]

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *