Besok, Kyai Asep Launching Karya Terbarunya Di Ma’had Aly MUDI

Ma’had Aly MUDI akan menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bahasa Arab dan Launching Kitab Kuning bersama Kyai Asep Jaelani. Acara pembukaan diagendakan selama dua hari dari besok 13 Mei dan 14 Mei 2022, kemudian dilanjutkan dengan bimbingan dan pelatihan hingga Senin, 16 Mei 2022.

Kitab yang dimaksud adalah karya terbaru Kyai Asep berjudul “Ta’rif al-Muhaqqiqin bi Mahahij Syurrah wa al-Muhasysyin wa al-Mu’alliqin.” Kitab ini mengupas tentang adab (sastra Arab), macam gaya menulis, dan tugas penulis syarh (penjelasan), hasyiah (uraian), ta’liqat (catatan kaki) dan karya ilmiah lainnya.

Bidang kemahasantrian Ma’had Aly MUDI, Tgk. H. Iqbal Jalil menyampaikan bahwa secara keseluruhan kitab ini memiliki ketebalan lebih dari 740 halaman. Penyelesaiannya dipacu dalam masa dua bulan untuk memenuhi permintaan bimbingan kepada mahasantri oleh Mudir Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga, Aby Zahrul Mubarrak HB. Hal ini juga sebagaimana disampaikan oleh penulis sendiri dalam muqaddimah kitab terbarunya ini.

Ketua panita acara, Tgk. Mazani Hanafiah menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini mahasantri diharapkan mampu menulis kitab dalam bahasa Arab dalam bentuk syarahan, hasyiah, ta’liqat dan karya ilmiah lainnya.

“Teman-teman mahasantri Ma’had Aly MUDI punya keahlian dalam membaca tulisan bahasa Arab. Bakat mereka sudah sangat terlatih dalam membaca, terutama teks-teks kitab kuning. Namun bakat ini belum sepenuhnya dapat diterapkan dalam percakapan yang benar-benar fasih, lebih-lebih dalam menulis karya pribadi berbahasa Arab.”

Tgk Mazani menambahkan bahwa dalam hal menulis berbahasa Arab memang sebagian mahasantri sudah ada yang memulainya dalam bentuk sederhana. Maka harapan kami melalui pelatihan ini bakat mereka terasah lebih tajam dan jeli dalam menyusun kata.

Adapun Bagi mereka yang belum mempunyai minat dan bakat, maka harapan kami untuk mereka pelatihan ini biar mereka berminat dan punya kemampuan dalam menyusun karya ilmiah menggunakan bahsa Arab.

Namun, lepas dari semua harapan tentu intinya adalah output dari kegitan ini berupa praktik dari apa yang sudah mereka dapatkan dari Kyai Asep melalui pelatihan ini.

Acara pembukaan kegiatan juga diselenggarakan secara virtual via aplikasi ZOOM yang dapat diakses melalui:
Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/83758355744?pwd=WEJoaVV2VHl4RndvaW9IM0x3dkVvUT09
Topic: Pembukaan pelatihan penulisan karya ilmiyah bahasa arab dan launching kitab kuning
Jadwal: May 13, 2022 09:30 AM
Meeting ID: 837 5835 5744
Passcode: 12345

Untuk konfirmasi juga dapat menghubungi:
Cp. 0822-7463-4480 | 0822-2391-2179

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *