Lebih Akrab dengan Syekh Musthafa Abd al-Nabi, Pemateri Kajian Adab al-Bahts wa al-Munadharah

Ma’had Aly MUDI akan menghadirkan Syekh Musthafa Abd al-Nabi pada daurah kajian Adab al-Bahts wa al-Munadharah selama empat hari ke depan (6-9 Agustus 2022). Alumnus Fakultas Darul Ulum Universitas Kairo, Mesir itu akan mengulas ta’liqatnya berjudul al-Inas wa al-Musamarah di hadapan 300-an mahasantri putra dan 32 mahasantri putri Ma’had Aly MUDI. Ketua panitia, Tgk. Mazani Hanafiah, M.Ag mengatakan mahasantri putra akan mengikuti daurah tatap muka di Aula Ma’had Aly MUDI, adapun mahasantri putri akan mengikuti via ruang Zoom.

Mengulik sekilas Syekh Mustafa Abd al-Nabi bahwa secara keilmuan beliau berguru kepada para Syaikh besar di Masjid al-Azhar, seperti Syekh Musthafa Imran (pakar akida Al-Azhar), Syekh Abdul Aziz Syahawi (Syekh Syafi’iyyah AlAzhar), Syekh Imad Ifat (Amin Fatwa Dar Ifta Mesir), Syekh Salim Khatib al-Hadrami (Pakar Fikih Syafi’I), dan lainnya.

Beliau aktif  mengajar sebagai pengampu kajian fiqih merujuk Kitab Yaqut al-Nafis dengan Syarah beliau sendiri, Mu’nis al-Jalis, Kitab Abi Syuja’ dengan Syarah beliau sendiri, dan Kitab Minhaj al-Thalibin dengan Syarah beliau sendiri. Juga sebagai pengampu kajian ilmu-ilmu ‘aqliyat di beberapa majelis ilmu.

Beberapa karya yang telah lahir melalui tangan beliau ada dari variasi fan ilmu.

  1. Fiqih : Mu’nis al-Jalis Syarh al-Yaqut al-Nafis
  2. Mantiq: Al-Badru al-Astha’ Hasyiyah al-Mathla’ Syekh Zakarya al-Anshari
  3. Maqulat: Audhah al-‘Ibarat Hasyiyah terhadap Syarh Sujua’i
  4. Adab al-Bahs wa al-Munazharah: al-Inas wa al-Musamarah
  5. Ilmu al-Wadha’ : al-Tuhfah al-Khairiyyah bi Iydhah ar-Risalah al-Wadh’iyyah
  6. Tahqiq dan muraja’ah terbaik terhadab matan al-Bahjah al-Wardhiyyah.

Selain itu ada beberapa kitab lain yang sedang beliau tulis, seperti: Syarh Minhaj al-Thalibin, Syarh Matan Aby Syuja’, dan tahqiq kitab lainnya.

[learn_press_profile]

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *