Ma’had Aly MUDI Adakan Wisuda Perdana Marhalah Tsaniyah (M2) dan Kedua Marhalah Ula (M1)

Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga menyelenggarakan wisuda perdana untuk jenjang Marhalah Tsaniyah (M2) dan wisuda kedua pada jenjang Marhalah Ula (M1). Acara tersebut berlangsung di Aula Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga, Minggu, (24/09/23).

Dalam laporannya, Direktur Marhalah Tsaniyah, Aba H. Sayed Mahyeddin menyampaikan bahwa jumlah wisudawan yang diwisuda pada hari ini berjumlah 122 orang, terdiri dari 25 wisudawan jenjang Magister Marhalah Tsaniyah (M2), dan 97 sarjana lulusan Marhalah Ula (M1), di mana ditetapkan juga Mahasantri cumloude yang berjumlah 7 orang dari Marhalah Tsaniyah dan 6 orang dari Marhalah Ula.

Abi MUDI dalam amanatnya menitipkan pesan kepada para wisudawan, “Ananda semua adalah miniatur bagi Ma’had Aly Mesjid Raya Samalanga, dimana masyarakat akan menilai baik tidaknya Ma’had Aly MUDI dari apa yang Ananda tampilkan. Oleh karena itu, senantiasalah menampilkan hal-hal positif di tengah-tengah masyarakat. Tidak ada artinya memiliki kefasihan retorika dalam menyampaikan mau’izhah, jika seandainya akhlak dan perilkaku tidak menjadi uswah. IPK yang tinggi menjadi tidak bernilai jika tidak disertai dengan akhlakul karimah. Sebuah bangsa menjadi hancur bukan karena kekurangan intelektual, tetapi karena minimnya orang-orang yang bermoral.”

Mudir Ma’had Aly MUDI mengingatkan para wisudawan, “Meskipun pada hari ini ada 122 lulusan yang diwisuda, pada hakikatnya Kalian adalah satu, yaitu membawa Al-Aziziyah. Kemana pun Ananda pergi, ruh Al-Aziziyah tetap ada di hati. Antum bukan mutakharrij min Ma’had Aly MUDI, tapi mutakharrjin bi Ma’had Aly Ma’hadil Ulum Diniyah Islamiyyah (Kalian bukan lulus dari MUDI, tetapi Kalian lulus bersama MUDI, dengan membawa MUDI kemana pun).”

Dalam wisuda Ke-2 ini juga ditetapkan lulusan terbaik dan karya ilmiah. Untuk jenjang Marhalah Tsaniyah lulusan terbaik diraih oleh Tgk. Muhammad Iqbal dengan IPK 3,79. Sedangkan untuk jenjang Marhalah Ula diraih oleh Tgk Zulfikri dengan nilai IPK 3,53.

Adapun wisudawan dengan karya ilmiah terbaik diraih oleh Tgk Muammar dengan judul risalah tesisnya Taisir al-Wushul Syarh Lubb Ushul li Syaikh al-Islam Zakariya al-Anshari. Sedangkan pada Marhalah Ula diraih oleh Tgk Almurtaza dengan judul risalah Status kepemilikan aset digital menurut Islam.

Orasi Ilmiah dalam wisuda kali ini disampaikan oleh Prof Dr. Tgk. H. M. Hasballah Thaib MA. Di antara pesan beliau adalah seluruh wisudawan ini harus melanjutkan misi utama Dayah MUDI yaitu beut seumeubeut. Beliau menggambarkan kecocokan misi dayah MUDI dengan awal-awalnya perjalanan dakwah Rasulullah SAW.

Kegiatan wisuda ditutup dengan pengalungan selempang oleh Abu Syekh H. Hasanoel Bashry HG, serta penyerahan ijazah oleh Abi H. Zahrul Mubarrak selaku Mudir Ma’had Aly MUDI.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *