Marhalah Tsaniyah (M2) Ma’had Aly MUDI Raih Akreditasi Mumtaz (A)

Mudir Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga, Abi H. Zahrul Mubarrak HB, M.Pd menerima secara resmi Hasil Akreditasi Program Magister Marhalah Tsaniyah (M2) Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga dengan nilai A (Mumtaz/Unggul). Diserahkan langsung oleh Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T di Kementerian Agama RI Jakarta pagi hari ini (21/11/2023). Sertifikat Asesmen Ma’had Aly dari Kementrian Agama Republik Indonesia ini diterbitkan berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 723 tahun 2023.

Dalam keputusan ini disebutkan bahwa Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Bireuen Aceh dengan Konsentrasi Kajian Fiqh dan Ushul Fiqh, Program Magister (Marhalah Tsaniyah) memenuhi syarat akreditasi dengan hasis asesmen Mumtaz (A). Sertifikat asesmen Ma’had Aly ini berlaku sejak tanggal 31 Juli 2023 sampai dengan 31 Juli 2028.

Abi MUDI sebagai Mudir Ma’had Aly MUDI menyambut baik hasil asesmen ini. Abi MUDI menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim yang telah bekerja keras dalam proses akreditasi ini sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. “Hasil ini merupakan berkah doa dan bimbingan Abu MUDI sebagai Pengasuh Dayah MUDI serta kerja keras semua civitas akademika Ma’had Aly, khususnya Tim Akreditasi yang telah bekerja dari awal sampai titik ini.”

Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga merupakan salah satu dari 13 pesantren yang pertama sekali diberikan izin penyelenggarakan Ma’had Aly oleh Kementrian Agama Republik Indonesia pada tahun 2016. Setelah mendapatkan akreditasi A program Sarjana (Marhalah Ula) pada asesmen Ma’had Aly tahun 2020, Ma’had Aly MUDI kemudian diberikan izin penyelenggaraan Pendidikan Magister Marhalah Tsaniyah yang baru saja menyelenggarakan wisuda perdananya tahun ini.

Hasil akreditasi A ini selain menjadi rahmat yang perlu disyukuri, juga merupakan tantangan yang perlu pembuktian dengan memberikan berbagai kontribusi keilmuan kepada masyarakat, khususnya dalam bidang Fiqh dan Ushul Fiqh. Abi MUDI dalam beberapa momentum sering mengingatkan para alumni Ma’had Aly untuk selalu menjaga nama baik almamater dan selalu berupaya menghadirkan kontribusi pengabdian kepada masyarakat, serta kemaslahatan bagi agama, nusa dan bangsa.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *